LAZADA Sebagai E-Commmerce
Lazada sebagai E-Commerce
E-commerce adalah electroniccommerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaranbarang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan computer lainnya.
Lazada merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan jual beli online danritel e-commerce,hasil pengembangan dari perusahaan incubator teknologi internetasal Jerman yaitu Rocket Internet.
- Sejarah Lazada
Lazada adalah perusahaan e-commerce atau perdagangan elektronik swasta dari Singapura yang didirikan oleh Rocket Internet pada tahun 2011. Website ecommerce Lazada telah launching pada bulan Maret tahun 2012 di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.
Situs Lazada Grup,beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan telah mengangkat sekitar 647 juta dollar Amerika Serikat selama beberapa putaran investasi dari investor seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JP Morgan Chase, investasi ABK innevik dan Internet Rocket.
Pada Maret 2016 Lazada mengklaim perputaran uang tahun an senilai
1,36 miliar dollar Amerika Serikat dienam pasar di Asia,menjadikannya pemain e-commerce
terbesar. Model bisnis Lazada adalah market place atau pasar penjualan kepada pelanggan
dari masing-masing penjual. Pada 2013 Lazada menambahkan market place yang memungkinkan
pengecer dari pihak ketiga untuk menjual produk mereka melalui situs Lazada.
- Syarat berjualan di Lazada
Lazada bisa menjadi platform pilihan
untuk Anda yang ingin berjualan secara online. Siapa saja bisa menjual di marketplace
ini, asalkan memenuhi syarat yang sudah ditentukan.
· Syarat Jualan di Lazada untuk Perorangan
1. Kartu tanda penduduk (KTP).
2. Buku tabungan dengan nama pemilik identitas diri.
· Syarat Jualan di Lazada untuk Perusahaan
1. Izin usaha atau NIB.
2. Buku tabungan atau rekening koran sesuai nama perusahaan atau penanggung jawab dan izin usaha NIB
· Syarat Jualan di Lazada untuk Distributor Resmi
1. Surat izin usaha.
2. Informasi nomor rekening.
3. Surat distributor.
4. Memiliki website dan media
social yang aktif minimal 1000 followers.
5. Terdaftar di took retail minimal
3 cabang.
· Syarat Jualan di Lazada untuk Pemilik Brand/Distributor Tunggal
1. Surat izin usaha.
2. Informasi nomor rekening.
3. Sertifikat merek.
4. Memiliki website dan media
social yang aktif minimal 1000 followers.
5. Terdaftar di took retail minimal
3 cabang.
- Cara Berjualan di Lazada
Setelah seluruh syarat terpenuhi,
Anda bisa langsung mendaftar sebagai selle rdi Lazada. Melansir dari Seller center.
lazada.co.id, berikut ini cara jualan di Lazada untuk pemula.
1. Buka browser, kemudian akses
laman lazada.co.id.
2. Lalu klik opsi “Menjadi Seller”.
3. Kemudian pilih “Daftar Menjadi
Penjual Sekarang”.
4. Isi seluruh data dengan benar dan
geser untuk melakukan verifikasi.
5. Baca syarat dan ketentuan yang
ditentukan oleh Lazada dengan teliti.
6. Setelah terdaftar, Anda bisa menjual produk di took tersebut.
- Sistem pembayaran Lazada
Lazada adalah took online yang
menawarkan berbagai kebutuhan mu dengan pilihan pembayaran di Lazada yang
sangat beragam. Beberapa pilihan pembayaran tersebut di antara nya,melalui
bank, DANA,kartu kredit, COD, dan masih banyak lain nya.
- Cara bayar belanjaan di Lazada lewat bank transfer
Pembayaran di Lazada yang
pertama bisa kamu pilih adalah dengan transfer melalui bank. Kamu bisa
menggunakan:
1. ATM BNI,
2. Internet Banking BNI,
3. Mobile Banking BNI,
4. SMS Banking BNI,
5. Cabang atauT eller BNI,
6. ATM bank
lain,
7. M-BCA,
8. Mandiri Online,
9. Mobile Banking BCA,
10. Mandiri Online,
11. dan Cabang atauT eller bank
lain.
Dengan pilihan pembayaran transfer bank sebanyak ini kamu sangat dimudahkan dan bisa memilih sesuai dengan bank yang kamu miliki. Transfer ATM maksimal yang bisa kamu lakukan dengan bank transfer adalah 5 juta rupiah.
- · Cara kredit di Lazada
Lazada kredit adalah cara
pembayaran kredit yang bisa kamu gunakan untuk belanja di Lazada. Lazada Credit
ini dihubungkan dengan akun DANA milikmu dan untuk menggunakannya, kamu bisa
membeli Credit di menu Top Up.
- · Cara bayar di Lazada dengan DANA
DANA merupakan metode transaksi
uang elektronik yang bisa kamu gunakan di Lazada. Nilai maksimal transaksi yang
bisa kamu lakukan jika menggunakan DANA adalah 2 jutar upiah.D ANA juga tak
memberikan biaya tambahan buat kamu, jadi kamu tak perlu khawatir.
- · Cara membayar tagihan Lazadad engan Kartu Kredit
Lazada menerima semua kartu
kredit dengan logo VISA atau Master card baik yang di keluarkan di dalam maupun
luar negeri. Kamu juga tak perlu khawatir dengan datamu, karena detail kartumu
dilindungi dengan Standar Enkripsi industry terkemuka. Agar transaksi dengan
kartu kreditmu berhasil, gunakan nama, nomor telepon, dan alamat di informasi
pesanan yang sama seperti yang ada di data kartu kredit mu.Jangan lupa masukkan
bulan dan tahun yang sama dengan masa berlaku kartu kreditmu.
- Cara bayar COD di Lazada
COD atau Cash On Delivery ini adalah
cara pembayaran transaksi yang bisa langsung kamu berikan pada kurir saat mengantarkan
pesananmu. Pembayaran system COD ini hanya berlaku untuk transaksi dibawah 5 juta
rupiah.
- Kelebihan E-Commerce Lazada
Lazada adalah salah satu market place besar di Indonesia. Sudah banyak transaksi yang terjadi di Indonesia. Hal ini karena Lazada mempunyai banyak kelebihan disbanding market place lainnya. Berikut adalah sedikit penjelasan tentang kelebihan Lazada yang banyak dirasakan oleh pengguna.
1.
Tampilan Sederhana
Lazada mengedepankan
kesederhanaan. Hal ini terlihat dari tampilan aplikasi Lazada yang sangat sederhana
dan ringan. Selaini tu,Lazada memisah kan fungsi berjualan dan fungsi berbelanja
sehingga aplikasi Lazada mengkonsumsi lebih sedikit ruang dimemori handphone anda.
2.
Melayani Fitur Cash On Delivery (COD)
Salah satu yang membuat
pengguna Lazada nyaman adalah adanya fitur Cash On Delivery dimana penjual dan pembeli
bisa bertemu untuk bertransaksi langsung. Hal ini mampu mengurangi masalah penipuan
yang sering kali terjadi saat b ertransaksi online.
3.
Pengiriman Barang Cepat
Lazada mempunyai
system pengiriman yang terbilang baik dan lebih cepat disbanding market place lainnya.
Khususnya bila anda menggunakan kurir J&T Express. Hal ini membuat orang merasa
nyaman berbelanja di Lazada. Pengiriman terlama berkisar di 3 hari.
4.
Banyak Diskon
Satu lagi yang menjadi
kelebihan dari Lazada adalah banyak nya diskon dan promo-promo menarik setiap waktunya
sehingga banyak orang yang betah berbelanja di Lazada. Selain itu,banyak bonus yang
bisa pengguna dapatkan saat berbelanja di Lazada.
Itulah beberapa kelebihan lain di atas banyak keuntungan lain yang mungkin pengguna Lazada dapatkan saat berbelanja melalui aplikasi Lazada. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membuat anda lebih senang untuk berbelanja online melalui Lazada.
- · Kekurangan E-Commerce Lazada
Mengetahui kelebihan serta kekurangan
dari setiap market place tentu menjadi factor yang cukup penting bagi pengguna supaya
kita bisa memaksimalkan performa aplikasi Lazada. Inilah beberapa kekurangan dari
aplikasi Lazada dibandingkan denga n aplikasi market place lainnya.
1.
CS Tidak 24 Jam
Berdasarkan pengalaman
beberapa pengguna layanan Lazada, banyak yang mengeluhkan performa Customer Service
dari Lazada. Mengapa? Karena Lazada menjanjikan layanan CS 24 jam. Meski begitu,
sering kali kontak dari pelanggan di waktu malam tidak mendapat tanggapan sampai
pagi. Hal ini menjadi PR bagi pihak Lazada apabila ingin memberikan pelayanan yang
memuaskan bagi penggunanya.
2.
Fasilitas COD yang Terbatas
Lazada menyediakan
pelayanan Cash On Delivery (COD) yang mana itu sangat memudahkan transaksi di Lazada.
Meski begitu, fasilitas ini masih sangatlah terbatas untuk pengguna di Jabodetabek
saja. Untuk pengguna di luar Jabodetabek, masih dan wajib menggunakan jasa kurir
pengiriman barang (ekspedisi).
3.
Konfirmasi Pembayaran yang Lama
Masalah konfirmasi
pembayaran di Lazada terbilang lama. Entah karena di proses secara manual atau pun
otomatis, tapi proses konfirmasi pembayaran ini terbilang lama sehingga sering kali
membuat pengguna cemas/khawatir uangnya tidak
ter proses.Hal ini sangat berbeda dengan market place lain yang mencoba mengoptimalkan
proses transaksi agar bisa berlangsung secepat mungkin.
4.
Uang Sulit Kembali
Tentu anda pernah membatalkan
sebuah pesanan saat ber belanja online. Saat anda membatalkan pesanan, seharusnya
uang yang anda telah bayarkan di kembalikan. Sebenarnya Lazada pun mengembalikan
dana anda, tapi kadang waktu yang diperlukan cukup lama. Bahkan, beberapa pengguna
ada yang mengatakan uang hasil pembatalan pesanan baru masuk setelah satu bulan
dan setelah melakukan beberapa kali komplain.
5.
Jualan Sulit
Sebenarnya ini bukan
masalah yang berarti. Meski begitu, hal ini cukup disayangkan karena beberapa pengguna
Lazada tidak hanya ingin berbelanja di Lazada tapi juga ingin mulai berbisnis. Ketika
pengguna Lazada ingin berjualan, maka pengguna perlu menginstall aplikasi lain yang
mana untuk sebagian orang itu adalah yang cukup merepotkan. Dan tentunya ini
berbeda dengan market place lainnya yang menggabungkan fitur belanja dan
berjualan di satu aplikasi.
Komentar
Posting Komentar