LAZADA Sebagai E-Commmerce

    

 Lazada sebagai E-Commerce

E-commerce adalah electroniccommerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaranbarang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan computer lainnya.

Lazada merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan jual beli online danritel e-commerce,hasil pengembangan dari perusahaan incubator teknologi internetasal Jerman yaitu Rocket Internet.

  •   Sejarah Lazada

Lazada adalah perusahaan e-commerce atau perdagangan elektronik swasta dari Singapura yang didirikan oleh Rocket Internet pada tahun 2011. Website ecommerce Lazada telah launching pada bulan Maret tahun 2012 di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.


Situs Lazada Grup,beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan telah mengangkat sekitar 647 juta dollar Amerika Serikat selama beberapa putaran investasi dari investor seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JP Morgan Chase, investasi ABK innevik dan Internet Rocket.

 

Pada Maret 2016 Lazada mengklaim perputaran uang tahun an senilai 1,36 miliar dollar Amerika Serikat dienam pasar di Asia,menjadikannya pemain e-commerce terbesar. Model bisnis Lazada adalah market place atau pasar penjualan kepada pelanggan dari masing-masing penjual. Pada 2013 Lazada menambahkan market place yang memungkinkan pengecer dari pihak ketiga untuk menjual produk mereka melalui situs Lazada.


  •   Syarat berjualan di Lazada

Lazada bisa menjadi platform pilihan untuk Anda yang ingin berjualan secara online. Siapa saja bisa menjual di marketplace ini, asalkan memenuhi syarat yang sudah ditentukan.


                    ·    Syarat Jualan di Lazada untuk Perorangan

                        1. Kartu tanda penduduk (KTP).    

                        2. Buku tabungan dengan nama pemilik identitas diri.

    

                    ·   Syarat Jualan di Lazada untuk Perusahaan

                        1. Izin usaha atau NIB.

                       2. Buku tabungan atau rekening koran sesuai nama perusahaan atau penanggung jawab dan                         izin usaha NIB


                                   ·   Syarat Jualan di Lazada untuk Distributor Resmi

1. Surat izin usaha.

2. Informasi nomor rekening.

3. Surat distributor.

4. Memiliki website dan media social yang aktif minimal 1000 followers.

5. Terdaftar di took retail minimal 3 cabang.


                     ·  Syarat Jualan di Lazada untuk Pemilik Brand/Distributor Tunggal

1. Surat izin usaha.

2. Informasi nomor rekening.

3. Sertifikat merek.

4. Memiliki website dan media social yang aktif minimal 1000 followers.

5. Terdaftar di took retail minimal 3 cabang.


  •           Cara Berjualan di Lazada

Setelah seluruh syarat terpenuhi, Anda bisa langsung mendaftar sebagai selle rdi Lazada. Melansir dari Seller center. lazada.co.id, berikut ini cara jualan di Lazada untuk pemula.

1. Buka browser, kemudian akses laman lazada.co.id.

2. Lalu klik opsi “Menjadi Seller”.

3. Kemudian pilih “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”.

4. Isi seluruh data dengan benar dan geser untuk melakukan verifikasi.

5. Baca syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh Lazada dengan teliti.

6. Setelah terdaftar, Anda bisa menjual produk di took tersebut.


  •          Sistem pembayaran Lazada

Lazada adalah took online yang menawarkan berbagai kebutuhan mu dengan pilihan pembayaran di Lazada yang sangat beragam. Beberapa pilihan pembayaran tersebut di antara nya,melalui bank, DANA,kartu kredit, COD, dan masih banyak lain nya.


  •          Cara bayar belanjaan di Lazada lewat bank transfer

Pembayaran di Lazada yang pertama bisa kamu pilih adalah dengan transfer melalui bank. Kamu bisa menggunakan:

1. ATM BNI,

2. Internet Banking BNI,

3. Mobile Banking BNI,

4. SMS Banking BNI,

5. Cabang atauT eller BNI,

6. ATM bank lain,

7. M-BCA,

8. Mandiri Online,

9. Mobile Banking BCA,

10. Mandiri Online,

11. dan Cabang atauT eller bank lain.

        Dengan pilihan pembayaran transfer bank sebanyak ini kamu sangat dimudahkan dan bisa memilih     sesuai dengan bank yang kamu miliki. Transfer ATM maksimal yang bisa kamu lakukan dengan bank     transfer adalah 5 juta rupiah.


  • ·         Cara kredit di Lazada

Lazada kredit adalah cara pembayaran kredit yang bisa kamu gunakan untuk belanja di Lazada. Lazada Credit ini dihubungkan dengan akun DANA milikmu dan untuk menggunakannya, kamu bisa membeli Credit di menu Top Up.

  • ·         Cara bayar di Lazada dengan DANA

DANA merupakan metode transaksi uang elektronik yang bisa kamu gunakan di Lazada. Nilai maksimal transaksi yang bisa kamu lakukan jika menggunakan DANA adalah 2 jutar upiah.D ANA juga tak memberikan biaya tambahan buat kamu, jadi kamu tak perlu khawatir.

  • ·         Cara membayar tagihan Lazadad engan Kartu Kredit

Lazada menerima semua kartu kredit dengan logo VISA atau Master card baik yang di keluarkan di dalam maupun luar negeri. Kamu juga tak perlu khawatir dengan datamu, karena detail kartumu dilindungi dengan Standar Enkripsi industry terkemuka. Agar transaksi dengan kartu kreditmu berhasil, gunakan nama, nomor telepon, dan alamat di informasi pesanan yang sama seperti yang ada di data kartu kredit mu.Jangan lupa masukkan bulan dan tahun yang sama dengan masa berlaku kartu kreditmu.

  • Cara bayar COD di Lazada

COD atau Cash On Delivery ini adalah cara pembayaran transaksi yang bisa langsung kamu berikan pada kurir saat mengantarkan pesananmu. Pembayaran system COD ini hanya berlaku untuk transaksi dibawah 5 juta rupiah.

  • Kelebihan E-Commerce Lazada

Lazada adalah salah satu market place besar di Indonesia. Sudah banyak transaksi yang terjadi di Indonesia. Hal ini karena Lazada mempunyai banyak kelebihan disbanding market place lainnya. Berikut adalah sedikit penjelasan tentang kelebihan Lazada yang banyak dirasakan oleh pengguna.

1.      Tampilan Sederhana

Lazada mengedepankan kesederhanaan. Hal ini terlihat dari tampilan aplikasi Lazada yang sangat sederhana dan ringan. Selaini tu,Lazada memisah kan fungsi berjualan dan fungsi berbelanja sehingga aplikasi Lazada mengkonsumsi lebih sedikit ruang dimemori handphone anda.

2.      Melayani Fitur Cash On Delivery (COD)

Salah satu yang membuat pengguna Lazada nyaman adalah adanya fitur Cash On Delivery dimana penjual dan pembeli bisa bertemu untuk bertransaksi langsung. Hal ini mampu mengurangi masalah penipuan yang sering kali terjadi saat b ertransaksi online.

3.      Pengiriman Barang Cepat

Lazada mempunyai system pengiriman yang terbilang baik dan lebih cepat disbanding market place lainnya. Khususnya bila anda menggunakan kurir J&T Express. Hal ini membuat orang merasa nyaman berbelanja di Lazada. Pengiriman terlama berkisar di 3 hari.

4.      Banyak Diskon

Satu lagi yang menjadi kelebihan dari Lazada adalah banyak nya diskon dan promo-promo menarik setiap waktunya sehingga banyak orang yang betah berbelanja di Lazada. Selain itu,banyak bonus yang bisa pengguna dapatkan saat berbelanja di Lazada.

Itulah beberapa kelebihan lain di atas banyak keuntungan lain yang mungkin pengguna Lazada dapatkan saat berbelanja melalui aplikasi Lazada. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membuat anda lebih senang untuk berbelanja online melalui Lazada.

  • ·         Kekurangan E-Commerce Lazada

Mengetahui kelebihan serta kekurangan dari setiap market place tentu menjadi factor yang cukup penting bagi pengguna supaya kita bisa memaksimalkan performa aplikasi Lazada. Inilah beberapa kekurangan dari aplikasi Lazada dibandingkan denga n aplikasi market place lainnya.

1.      CS Tidak 24 Jam

Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna layanan Lazada, banyak yang mengeluhkan performa Customer Service dari Lazada. Mengapa? Karena Lazada menjanjikan layanan CS 24 jam. Meski begitu, sering kali kontak dari pelanggan di waktu malam tidak mendapat tanggapan sampai pagi. Hal ini menjadi PR bagi pihak Lazada apabila ingin memberikan pelayanan yang memuaskan bagi penggunanya.

2.      Fasilitas COD yang Terbatas

Lazada menyediakan pelayanan Cash On Delivery (COD) yang mana itu sangat memudahkan transaksi di Lazada. Meski begitu, fasilitas ini masih sangatlah terbatas untuk pengguna di Jabodetabek saja. Untuk pengguna di luar Jabodetabek, masih dan wajib menggunakan jasa kurir pengiriman barang (ekspedisi).

3.      Konfirmasi Pembayaran yang  Lama

Masalah konfirmasi pembayaran di Lazada terbilang lama. Entah karena di proses secara manual atau pun otomatis, tapi proses konfirmasi pembayaran ini terbilang lama sehingga sering kali membuat pengguna  cemas/khawatir uangnya tidak ter proses.Hal ini sangat berbeda dengan market place lain yang mencoba mengoptimalkan proses transaksi agar bisa berlangsung secepat mungkin.

4.      Uang Sulit Kembali

Tentu anda pernah membatalkan sebuah pesanan saat ber belanja online. Saat anda membatalkan pesanan, seharusnya uang yang anda telah bayarkan di kembalikan. Sebenarnya Lazada pun mengembalikan dana anda, tapi kadang waktu yang diperlukan cukup lama. Bahkan, beberapa pengguna ada yang mengatakan uang hasil pembatalan pesanan baru masuk setelah satu bulan dan setelah melakukan beberapa kali komplain.

5.      Jualan Sulit

Sebenarnya ini bukan masalah yang berarti. Meski begitu, hal ini cukup disayangkan karena beberapa pengguna Lazada tidak hanya ingin berbelanja di Lazada tapi juga ingin mulai berbisnis. Ketika pengguna Lazada ingin berjualan, maka pengguna perlu menginstall aplikasi lain yang mana untuk sebagian orang itu adalah yang cukup merepotkan. Dan tentunya ini berbeda dengan market place lainnya yang menggabungkan fitur belanja dan berjualan di satu aplikasi.



Komentar